Langsung ke konten utama

SDIC) ANAK BANGSA MENYELENGGARAKAN EVENT BATIK DAY

 



Banda Aceh (23/10/2021) – SDIC Anak Bangsa bekerja sama dengan SMPIC Anak Bangsa menyelenggarakan kegiatan Event Batik Day

dalam rangka peringatan Hari Batik Nasional di SDIC Anak Bangsa Kota Banda Aceh. Kegiatan yang mengusung tema “ Kuatkan Ekonomi Indonesia dengan mengenal batik budaya Indonesia”, dilaksanakan selama 5 hari terhitung sejak 18-19 dan 21-23 Oktober 2021. Kegiatan berlangsung sejak pukul 09.30 hingga 12.00 WIB. 


Salam acara itu anak-anak diperkenalkan dengan batik yang  berasal dari sejumlah provinsi di Indonesia, di antaranya dari Aceh, Lampung, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Timur, Nusa Tenggara Timur, dan Sulawesi Selatan.


Dalam penyelenggaraan kegiatan ini, melibatkan para siswa SMPIC yang dipimpin oleh Rahmi Daniati, S.Pd, GR, Kepala SMPIC. Para siswa SMPIC dipercaya sebagai event organizernya (EO) untuk menyukseskan kegiatan ini. 


Acara ini turut mengundang Kepala Dinas Pariwisata Kota Banda Aceh, Kepala Satuan Pendidikan Non Formal (SPNF) Kota Banda Aceh, Kepala Sekolah Dasar Negri 56 Kota Banda Aceh, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Banda Aceh. Sementara peserta kegiatan dari Siswa SDIC Anak Bangsa dari kelas 1 hingga kelas 6.  Panitia acara, menyediakan Corner membatik untuk tamu undangan.


Beberapa tahapan yang harus dilalui oleh peserta membatik yaitu tahap memola, tahap mencanting, tahap mewarnai lalu dikeringkan, selanjutnya masuk ke tahap menguatkan warna dan tahap terakhir adalah pengeringan.


Ketua Panitia, Rauza Tunnur, M.Pd mengatakan bahwa EventBatik Dayini bertujuan untuk memperkenalkan kesenian membatik dari berbagai daerah di Indonesia, menumbuhkan rasa cinta akan kesenian daerah yang dimiliki, memberi pengalaman nyata kepada siswa terkait proses membatik, menyediakan kesempatan siswa mengetahui proses transaksi jual-beli sesuai ajaran Islam, menjadi perhatian bagi instansi terkait kesenian dan kebudayaan daerah dalam memberikan dukungan dalam peningkatan kreativitas siswa.


“ini momen yang sangat positif bagi anak-anak, apalagi ini muatan lokal dari berbagai daerah dan perlu di lestarikan, karena sekarang banyak anak-anak yang tidak paham dengan budaya lokal, apalagi ini warisan turun menurun kalau di jawa itu ada kurikulum membatik,  di Aceh juga jangan sampai ketinggalan.” Tutur bapak Budi Pramono, S.Pd selaku kepala SPNF.


Selain Batik Day ada kekuatan pendukung lainnya seperti kegiatan Marketing Day untuk memeriahkan kegiatan ini, banyak jajanan yang disediakan mulai dari makanan khas daerah hingga makanan buatan siswa dan orang tua dijajakan di Stand Marketing. Siswa, tamu undangan bebas berbelanja di Stand Marketing. Banyak pengunjung yang berharap kegiatan serupa Batik Day untuk sering diadakan.


“ Kegiatan seperti ini harus selalu ada, minimal dalam setahun ada sekali” Sahut Dr M. Fuad, SpPD salah satu pengunjung Batik Day selaku orang tua siswa. Ilham Akbar, S. AP selaku Kepala Sekolah SDIC Anak Bangsa menanggapi “Semoga harapan pak Fuad segera terwujud tidak terhalang pandemi karena setiap tahun SDIC selalu menyelenggarakan Event dengan tema yang berbeda-beda.*

(Reporter : Rezal Fajmi - Humas SDIC)

Komentar

  1. Semoga SIC ANAK BANGSA semakin Cendekia dengan berbagai programnya bagi peserta didik, orang tua dan guru sebagai pendidik juga masyarakat sekitar.

    Dan Untuk Media potretonline.com semakin sukses menyebarkan berita dan informasi yang mencerdaskan.

    BalasHapus
  2. Bila ada kegiatan lagi, silakan tuliskan ceritanya di Potretonline

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sucikan Hati Dan Jiwa Dengan Berkurban

  Oleh Cut Putri Alyanur Berdomisili di Jakarta    Tanggal 10 Djulhijjah 1442 Hijriah, bertepatan dengan tanggal 20 Juli 2021. Umat Islam di seluruh dunia, merayakan Hari Raya Idul Adha dengan penuh sukacita. Suara takbir, menggema di setiap penjuru Nusantara, walau di beberapa tempat, Idul Adha di arah kan oleh Pemerintah Indonesia untuk di rayakan di rumah saja. Begitupun dengan kami, masyarakat Aceh perantauan yang melaksanakan Idul Adha, di Jakarta. Pandemi Covid-19, hingga saat ini tak mau berkompromi, meski penyebarannya sudah memasuki tahun ke – 2, sejak bulan  Maret tahun 2021. Hari Raya Idul Adha juga senada dengan pelaksanaan kurban, dan menjadi sangat berharga bila kedua ritual ibadah ini, bisa dilakukan saat menunaikan ibadah rukun Islam yang ke – 5, berhaji ke Baitullah. Bila sedang tidak berhaji pun, ibadah kurban sangat mulia untuk di laksanakan, guna meningkatkan keimanan dan kepekaan sosial terhadap sesama. Berkurban berarti meneladani ketaatan yang di lakukan oleh Nab

EMPAT CARA MENSYUKURI NIKMAT ALLAH SWT

Foto : dok.Pribadi Oleh   Hendra Gunawan, MA Dosen Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum IAIN Padang Sidimpuan, Sumatera Utara Allah SWT sudah begitu banyak memberikan nikmat-Nya kepada kita, sehingga apabila kita renungi lebih dalam maka sungguh akan terekam dalam memori kita sudah begitu banyak nikmat yang Allah SWT anugrahkan kepada kita, maka tidak heran apabila dalam sebuah ayat al-Qur’an Allah SWT menegaskan pada surah an-Nahl ayat 18 yang menegaskan bahwa apabila kita menghitung-hitung nikmat Allah SWT niscaya kita tidak dapat menghitung jumlahnya . Sebagaimana disebutkan para ulama, andaikan ranting-ranting kayu yang ada di seluruh hutan belantara dikumpulkan dan dijadikan sebagai pena, lalu sungai dan lautan yang ada didunia ditimbah untuk dijadikan sebagai tintanya serta dedaunan-dedaunan yang ada diseluruh pnjuruh dunia dikumpulkan untuk dijadikan sebagai kertasnya niscaya kita akan cukup untuk menghitung nikmat-nikmat yang telah dianugrahkan Allah SWT kepada kita.

DUTA WISATA BIREUN BERWISATA ARUNG JERAM DI KRUENG PEUSANGAN

Bireun, Potretonline.com. Rabu (24/7/19) Duta Wisata Kabupaten Bireuen 2019 didampingi Rizal Fahmi selaku Ketua Ikatan Duta Wisata Kabupaten Bireuen baru saja melakukan kegiatan arung jeram bersama team Bentang Adventure. Bentang adventure merupakan operator wisata yang digagas oleh pemuda-pemuda Bireuen yang peduli terhadap lingkungan, alam serta potensinya. Salah satu potensi alam tersebut adalah arung jeram. Kegiatan arung jeram ini dilakukan sebagai bentuk dukungan penuh Duta Wisata terhadap potensi wisata yang ada di Kabupaten Bireuen. Lokasi arung jeram ini berada di Daerah Aliran Sungai (DAS) Peusangan Kecamatan Juli. Jalur pengarungan ini memakan waktu selama lebih kurang empat jam, yang kemudian berakhir di desa Salah Sirong. Tidak hanya arus sungai yang menjadi daya tarik arung jeram ini, karena jika beruntung kita juga akan menjumpai langsung gajah liar yang sedang bermain di samping aliran sungai.  Cut Rizka Kamila selaku Duta Wisata terpilih 2019 me