Langsung ke konten utama

Mahalnya Pengobatan Bocor Jantung Anaknya, Pak Rudi Bersyukur ada Sembako Setengah Harga ACT Aceh

 


Banda Aceh – Aksi Cepat Tanggap (ACT) Aceh – Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Banda Aceh kembali menghadirkan Operasi Pangan Murah untuk masyarakat Banda Aceh di Kantor Kecamatan Baiturrahman, Banda Aceh, Jumat (5/11/2021).

Masyarakat yang hadir sudah membawa kupon yang sebelumnya dibagikan oleh Kecamatan menyasar masyarakat prasejahtera dan yang membutuhkan. 

Salah satunya adalah Pak Rudi Hartono, seorang guru ngaji yang anaknya sedang sakit.

“Kalau di pasar biasanya yang seperti ini dapatnya diatas harga 100rb, ini alhamdulillah ada yang menyediakan sembakonya di harga yang sangat terjangkau. Apalagi saat ini harga pada mahal, bingung jadinya,” ujarnya setelah mendapatkan paket pangan tersebut.

Anak Pak Rudi sakit bocor jantung sejak umur 2,5 bulan. Pengobatannya sudah tertunda 2 tahun karena pandemi, banyak biaya yang beliau keluarkan dalam proses menyembuhkan penyakit anaknya hingga ke Jakarta. Keseharian Pak Rudi hanyalah mengajar mengaji dan agama di rumahnya. Ada sekitar 100 anak yang beliau ajar. 

“Tidak ada pemasukan lain, hanya dari mengajar mengaji dan warung kopi seadanya saja dirumah. Saya juga tidak meminta bayaran kepada anak-anak yang mengaji, seikhlashnya saja,” sebut beliau.

Berkolaborasi dengan MRI Kecamatan Baiturrahman, Operasi Pangan Murah hadir untuk ke-tiga kalinya di Banda Aceh. Para relawan yang tergabung dalam MRI Banda Aceh ini saling bahu membahu memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat prasejahtera dan berkebutuhan khusus dalam kegiatan pasar rakyat ini.

“Di hari Jumat yang berkah ini kami dari ACT Aceh menyediakan 50 paket sembako murah yang insyaAllah dapat di konsumsi untuk 250 jiwa penerima manfaat. Di dalam paket ini terdiri dari beras 5Kg, minyak goreng, gula dan telur. Masyarakat hanya membayar setengah harga dari total harga paket pangan tersebut,” jelas Rikar Maulana, Staf Program ACT Aceh.

Operasi Pangan Murah diinisiasikan oleh Aksi Cepat Tanggap hadir di berbagai kota di Indonesia seiring dengan melonjaknya harga bahan baku pangan dan sebagai solusi dikarenakan ekonomi masyarakat Indonesia yang masih belum pulih karena dampak pandemi.

Azman, Ketua MRI Kecamatan Baiturrahman juga menambahkan bahwa gerakan ini seperti gotong royong, dengan dibukanya pasar rakyat Operasi Pangan Murah, warga pra-sejahtera terbantu karena bisa berbelanja setengah harga dan pembelian mereka menjadi donasi untuk warga lainnya yang juga membutuhkan.

“Alhamdulillah masyarakat menyambut baik program ini karena sangat membantu mereka untuk memenuhi kebutuhannya dengan harga yang sangat terjangkau di tengah kondisi harga sembako yang melonjak,” ujar tambahnya.

Operasi Pangan Murah adalah program yang dijalankan secara berkala hasil dari kebaikan para donatur yang menyisihkan rezekinya, ACT hanya sebagai pipa yang menyambungkan kebaikan ini kepada mereka yang membutuhkan. Semakin banyak yang bersedekah, insyaAllah akan membuat program ini semakin sering dan memberi manfaat yang lebih untuk masyarakat. 

Ia juga menambahkan bahwa jika ada yang ingin bersedekah melalui ACT dapat melalui rekening atas nama Yayasan Aksi Cepat Tanggap di Bank Aceh Syariah 01001930009205 atau BSI 7089 7860 23, konfirmasikan bukti donasi melalui nomor WhatsApp ACT Aceh di 0822-8326-9008. []

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sucikan Hati Dan Jiwa Dengan Berkurban

  Oleh Cut Putri Alyanur Berdomisili di Jakarta    Tanggal 10 Djulhijjah 1442 Hijriah, bertepatan dengan tanggal 20 Juli 2021. Umat Islam di seluruh dunia, merayakan Hari Raya Idul Adha dengan penuh sukacita. Suara takbir, menggema di setiap penjuru Nusantara, walau di beberapa tempat, Idul Adha di arah kan oleh Pemerintah Indonesia untuk di rayakan di rumah saja. Begitupun dengan kami, masyarakat Aceh perantauan yang melaksanakan Idul Adha, di Jakarta. Pandemi Covid-19, hingga saat ini tak mau berkompromi, meski penyebarannya sudah memasuki tahun ke – 2, sejak bulan  Maret tahun 2021. Hari Raya Idul Adha juga senada dengan pelaksanaan kurban, dan menjadi sangat berharga bila kedua ritual ibadah ini, bisa dilakukan saat menunaikan ibadah rukun Islam yang ke – 5, berhaji ke Baitullah. Bila sedang tidak berhaji pun, ibadah kurban sangat mulia untuk di laksanakan, guna meningkatkan keimanan dan kepekaan sosial terhadap sesama. Berkurban berarti meneladani ketaatan yang di lakukan oleh Nab

EMPAT CARA MENSYUKURI NIKMAT ALLAH SWT

Foto : dok.Pribadi Oleh   Hendra Gunawan, MA Dosen Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum IAIN Padang Sidimpuan, Sumatera Utara Allah SWT sudah begitu banyak memberikan nikmat-Nya kepada kita, sehingga apabila kita renungi lebih dalam maka sungguh akan terekam dalam memori kita sudah begitu banyak nikmat yang Allah SWT anugrahkan kepada kita, maka tidak heran apabila dalam sebuah ayat al-Qur’an Allah SWT menegaskan pada surah an-Nahl ayat 18 yang menegaskan bahwa apabila kita menghitung-hitung nikmat Allah SWT niscaya kita tidak dapat menghitung jumlahnya . Sebagaimana disebutkan para ulama, andaikan ranting-ranting kayu yang ada di seluruh hutan belantara dikumpulkan dan dijadikan sebagai pena, lalu sungai dan lautan yang ada didunia ditimbah untuk dijadikan sebagai tintanya serta dedaunan-dedaunan yang ada diseluruh pnjuruh dunia dikumpulkan untuk dijadikan sebagai kertasnya niscaya kita akan cukup untuk menghitung nikmat-nikmat yang telah dianugrahkan Allah SWT kepada kita.

DUTA WISATA BIREUN BERWISATA ARUNG JERAM DI KRUENG PEUSANGAN

Bireun, Potretonline.com. Rabu (24/7/19) Duta Wisata Kabupaten Bireuen 2019 didampingi Rizal Fahmi selaku Ketua Ikatan Duta Wisata Kabupaten Bireuen baru saja melakukan kegiatan arung jeram bersama team Bentang Adventure. Bentang adventure merupakan operator wisata yang digagas oleh pemuda-pemuda Bireuen yang peduli terhadap lingkungan, alam serta potensinya. Salah satu potensi alam tersebut adalah arung jeram. Kegiatan arung jeram ini dilakukan sebagai bentuk dukungan penuh Duta Wisata terhadap potensi wisata yang ada di Kabupaten Bireuen. Lokasi arung jeram ini berada di Daerah Aliran Sungai (DAS) Peusangan Kecamatan Juli. Jalur pengarungan ini memakan waktu selama lebih kurang empat jam, yang kemudian berakhir di desa Salah Sirong. Tidak hanya arus sungai yang menjadi daya tarik arung jeram ini, karena jika beruntung kita juga akan menjumpai langsung gajah liar yang sedang bermain di samping aliran sungai.  Cut Rizka Kamila selaku Duta Wisata terpilih 2019 me